IMAX adalah sebuah film film format dan satu set standar proyeksi bioskop eksklusif dibuat oleh Perusahaan IMAX perusahaan Kanada. IMAX memiliki kapasitas untuk merekam dan menampilkan gambar dengan ukuran jauh lebih besar dan resolusi dari sistem film konvensional. Sejak tahun 2002, beberapa film telah dikonversi (atau upgrade) ke IMAX format untuk tampilan di IMAX teater dan beberapa juga telah sebagian ditembak di IMAX.
Perbandingan antara 35 mm dan area negatif 15/70 mm
IMAX adalah sistem yang paling banyak digunakan untuk khusus tempat presentasi film. Pada September 2011, terdapat 583 teater IMAX di 48 negara
Perbandingan antara 35 mm dan area negatif 15/70 mm |
1. kamera
Sebuah kamera IMAX dalam kasus layar
IMAX meningkatkan resolusi gambar dengan menggunakan frame film jauh lebih besar. Untuk mencapai ini, 65 mm stok film melewati secara horisontal melalui kamera. Kamera tradisional lulus Film vertikal. 65 mm film memiliki luas gambar yang 48,5 × 22,1 mm (1,91 × 0,87 di) (untuk Todd-AO), di IMAX gambar adalah 69,6 × 48,5 mm (2,74 × 1,91 in) tinggi. Dalam rangka untuk mencocokkan kecepatan film standar 24 frame per detik, tiga kali panjang bergerak film melalui kamera.
Sebuah kamera IMAX dalam kasus layar |
IMAX menggunakan "Estar" (nama dagang Kodak untuk film PET) dasar. Alasannya adalah untuk presisi lebih dari kekuatan. Mengembangkan bahan kimia tidak mengubah ukuran atau bentuk Estar, dan IMAX pendaftaran pin (terutama mekanisme cam) tidak mentolerir baik sproket-lubang atau film-ketebalan variasi. Format IMAX secara generik disebut "15/70" film, nama mengacu pada 15 lubang sproket per frame. Massal film ini membutuhkan piring-piring daripada gulungan film konvensional. IMAX piring kisaran 1,2-1,83 meter (3,9-6,0 kaki) diameter untuk menampung 1-2,75 jam film. Platters dengan film 2,5 jam berat 250 kilogram (550 lb).
3. soundtrack
Untuk menggunakan lebih dari bidang gambar, film IMAX tidak termasuk soundtrack yang tertanam. Sebaliknya, sistem IMAX menetapkan enam saluran 35mm terpisah (1,377 inci) film magnetik disinkronkan dengan film. Ini adalah teknologi yang sama seperti yang digunakan untuk menyediakan soundtrack 7-saluran untuk Cinerama. Pada awal 1990-an, digital terpisah 6-track sumber yang digunakan, terkunci ke proyektor oleh sistem kode waktu sinkronisasi SMPTE. Audio memainkan off hard disk drive sebagai file audio terkompresi yang berisi 6 saluran, yang dikonversi langsung ke analog daripada menggunakan metode decoding seperti Dolby Digital. IMAX teater speaker tempat kedua tepat di belakang layar dan di sekitar teater untuk menciptakan efek tiga dimensi.
4. ProyektorThe 15 kW Xenon pendek busur lampu digunakan di IMAX proyektor
Menggambar film besar melalui tantangan proyektor disajikan untuk kedua kamera dan proyektor. Konvensional 70 mm sistem tidak cukup mantap untuk perbesaran × 586. Di sisi proyektor, William Shaw disesuaikan paten Australia untuk transportasi film yang disebut "lingkaran rolling" dengan menambahkan udara tekan "puffer" untuk mempercepat film, dan menempatkan lensa silinder dalam "blok aperture" proyektor. Proyektor menggunakan vakum untuk menarik film ke dalam kontak dengan lensa ini. Dengan demikian "flattener kolom" rata kolom foto. Lensa adalah dua kali tinggi film dan terhubung ke piston pneumatik sehingga dapat bergerak naik atau turun sementara proyektor sedang berjalan. Cara ini, jika sepotong debu datang dari film dan tongkat untuk lensa, proyektor dapat beralih ke sisi bersih dari lensa dengan menekan tombol. Lensa juga memiliki "bar wiper" terbuat dari bahan yang merasa atau sikat seperti yang dapat menghapus debu dari lensa ketika bergerak naik atau turun. Proyektor IMAX pin stabil, yang berarti empat pin pendaftaran melibatkan perforasi di sudut bingkai diproyeksikan untuk memastikan keselarasan sempurna. Shaw menambahkan cam dikontrol senjata untuk mengurangi kecepatan setiap frame untuk menghilangkan gemetar mikroskopis sebagai frame "menetap" ke pin pendaftaran. Rana proyektor terbuka sekitar 20% lebih lama dari pada peralatan konvensional dan sumber cahaya yang cerah. Xenon lampu busur pendek terbuat dari lapisan tipis kuarsa leburan dan berisi gas xenon pada tekanan sekitar 25 atmosfer (367 PSI), karena ini, projeksionis diwajibkan mengenakan pelindung tubuh pelindung ketika mengubah atau menangani ini dalam kasus istirahat lampu (misalnya, karena penurunan ke lantai) karena bahaya dari terbang pecahan kuarsa ketika didorong oleh tekanan tinggi dari gas Xenon dalam. Sebuah proyektor IMAX beratnya sampai dengan 1,8 t (2,0 ton singkat) dan lebih dari 178 cm (70 in) tinggi dan 195 cm (77 in) panjang.
IMAX Corporation telah merilis empat jenis proyektor yang menggunakan nya 15-perforasi, 70 mm film format:. GT (Teater Besar), GT 3D (rotor ganda), SR (Rotor Kecil), dan MPX, yang dirancang untuk teater dipasang Pada bulan Juli 2008, perusahaan memperkenalkan sistem proyeksi digital, yang belum diberi nama yang berbeda atau merek, dirancang untuk bioskop multipleks dengan layar tidak lebih lebar dari 21,3 m (70 kaki). Semua proyektor IMAX, kecuali sistem GT standar, dapat memproyeksikan gambar 3D.
The 15 kW Xenon pendek busur lampu digunakan di IMAX proyektor |
5. Teater
IMAX teater konstruksi berbeda secara signifikan dari bioskop konvensional. Resolusi meningkat memungkinkan penonton menjadi lebih dekat dengan layar, biasanya semua baris adalah dalam waktu satu tinggi layar; tempat duduk teater konvensional berjalan 8 sampai 12 ketinggian layar. Juga, baris kursi ditetapkan pada sudut yang curam (sampai 30 ° di beberapa bioskop kubah) sehingga penonton menghadap layar langsung [12].
Sebuah layar IMAX standar 22 × 16,1 m (72 × 52,8 kaki), tetapi bisa lebih besar. Bioskop terbesar di dunia layar (mm 15/70 IMAX) adalah LG IMAX Theatre di Sydney, Australia. Ini adalah sekitar delapan lantai, dengan dimensi 35,73 x 29,42 m (117,2 × 96,5 kaki) dan meliputi area seluas lebih dari 1.015 m2 (10.930 sq ft).
Teater IMAX dijelaskan sebagai "Desain Classic" (tujuan-dibangun struktur), atau "Desain Multiplex" (auditorium dipasang).
Teater IMAX |
1. IMAX 3D
Informasi lebih lanjut: film 3D
Untuk menciptakan ilusi kedalaman, proses IMAX 3D menggunakan lensa kamera terpisah untuk mewakili mata kiri dan kanan. Dua lensa dipisahkan oleh jarak interocular dari 64 mm (2,5 in), jarak rata-rata antara mata manusia. Setiap lensa feed gulungan terpisah dari film. Dengan memproyeksikan dua film sekaligus, pemirsa pengalaman melihat gambar 3D di layar 2D. Kamera IMAX 3D beratnya lebih dari 113 kg (250 lb).
Salah satu metode untuk menciptakan ilusi 3D melibatkan polarisasi cahaya dari dua gambar. Selama proyeksi, gambar mata kiri dan kanan terpolarisasi linier seperti yang diproyeksikan. Kacamata dengan lensa kanan dan kiri terpolarisasi untuk mencocokkan hadir proyeksi setiap mata hanya dengan gambar dimaksudkan untuk mata yang sejak polarisasi membatalkan mata lainnya gambar.
Atau dua proyektor bergantian menampilkan setiap frame (sementara gambar satu proyektor ditampilkan, yang lain akan diblokir) dengan tingkat efektif 48 frame per detik. Penampil don kacamata rana LCD yang berisi panel LCD yang memblokir atau mengirimkan cahaya dalam setiap mata sinkron dengan proyektor, sehingga setiap mata hanya melihat gambar dimaksudkan untuk itu.
Beberapa film yang diproduksi dalam 3D digital untuk rilis di bioskop konvensional juga telah disajikan di IMAX 3D, termasuk Avatar.
kacamata 3D IMAX terlihat lebih unik |
Variasi IMAX termasuk 48 frame per detik proses HD IMAX, yang berusaha untuk mengurangi nyala dan menawarkan definisi tinggi dengan menggandakan kecepatan film yang normal. IMAX HD sistem telah diuji pada tahun 1992 di Paviliun Kanada Expo Sevilla '92 dengan Momentum film. Biaya produksi lebih tinggi, dan tinggi wear-dan-robek pada cetakan dan proyektor, ditakdirkan sistem IMAX HD, tetapi tidak sebelum banyak teater telah dipasang untuk proyek pada 48 frame, terutama di Kanada, untuk bermain Momentum. pada 1990-an taman hiburan di Thailand, Jerman, dan Las Vegas digunakan IMAX HD untuk wahana Simulator mereka Motion.Disney taman atraksi Soarin 'selama California fitur modifikasi dari kedua HD dan IMAX IMAX Dome, memproyeksikan di 48 frame per detik.
3. IMAX Dome / OMNIMAXDi luar kubah IMAX di Tijuana, Baja California, MeksikoTata letak bingkai dari film IMAX DomeRuang kontrol dari IMAX Dome TheatrePlanetario Alfa, Museum, observatorium astronomi dan IMAX Dome sistem, Monterrey, NL, Meksiko.
Pada akhir tahun 1960 San Diego Hall of Science (sekarang dikenal sebagai Reuben H. Fleet Science Center) mulai mencari Amerika Utara untuk sistem Film format besar untuk memproyeksikan pada kubah direncanakan kaki mereka 76 (23 m) planetarium kubah miring . IMAX standar proyektor tidak cocok untuk digunakan di dalam kubah karena memiliki 12 ft (3,7 m) lampu rumah tinggi di atas. IMAX Perusahaan didesain ulang sistem, menambahkan lift untuk mengangkat proyektor ke tengah kubah dari proyeksi bilik bawah ini. Fisika Spectra merancang lamphouse cocok yang mengambil lebih kecil, 18 di (46 cm) lampu dan ditempatkan bohlam belakang lensa bukan di atas proyektor. Pada tahun 1970, Ernst Leitz Kanada, Ltd (sekarang ELCAN Optical Technologies) memenangkan kontrak untuk mengembangkan dan memproduksi lensa fisheye sistem proyeksi dioptimalkan untuk memproyeksikan gambar ke kubah bukan layar datar.
Planetario Alfa, Museum, observatorium astronomi dan IMAX Dome sistem, Monterrey, NL, Meksiko. |
Sistem kubah, yang San Diego Aula Ilmu disebut OMNIMAX, menggunakan film menembak dengan kamera dilengkapi dengan lensa fisheye pada kamera yang meremas bidang 180 ° sangat terdistorsi pandang ke film IMAX 65 mm. Lensa sejajar di bawah tengah frame dan sebagian besar bagian bawah bidang bundar jatuh melewati tepi film. Bagian dari bidang yang akan jatuh di bawah tepi kubah diperlukan tertutup. Ketika syuting, kamera ini ditujukan ke atas pada sudut yang sesuai dengan kemiringan kubah. Ketika diproyeksikan melalui lensa fisheye yang cocok ke kubah, panorama asli diciptakan kembali. OMNIMAX membungkus 180 ° horisontal, 100 ° di atas cakrawala dan 22 ° di bawah cakrawala untuk penampil di pusat kubah. OMNIMAX perdana pada tahun 1973 Voyage menunjukkan ke Planet Luar (diproduksi oleh Film Grafis) dan Garden Isle (dengan Film Roger Tilton) pada tagihan ganda. IMAX terbesar kubah teater di dunia adalah IMAX Dome Hackworth teater di Museum Teknologi di San Jose, CA.
IMAX sejak berganti nama Kubah IMAX sistem. Namun, beberapa bioskop terus menyebutnya OMNIMAX.
Teater OMNIMAX menghuni taman hiburan dan Amerika Utara museum, terutama yang dengan fokus ilmiah, di mana aspek teknis dari sistem dapat disorot sebagai bagian dari atraksi. Ruang proyeksi sering windowed untuk memungkinkan melihat masyarakat dan disertai dengan plakat informasi seperti pameran lainnya. Layar mungkin menjadi perlengkapan permanen, seperti di St Louis Science Center, Boston Museum of Science, dan Birmingham, Alabama McWane Science Center, atau diturunkan dan dinaikkan sesuai kebutuhan, seperti di Museum Sains Minnesota (di mana saham sebuah auditorium dengan layar IMAX standar). Sebelum fitur tersebut dimulai, layar bisa backlit untuk menunjukkan speaker dan girder di belakangnya. Sementara sebagian besar instalasi museum fokus pada film pendidikan dan dokumenter, pada kesempatan khusus, film hiburan juga ditampilkan, seperti Charlie dan Pabrik Coklat di Museum Oregon Sains dan Industri. Yang terbesar di Amerika Utara berada di Liberty Science Center di Jersey City, New Jersey dan Dunia Telus Ilmu di Vancouver, BC, yang keduanya memiliki 88 kaki (27 m) layar kubah.
Planetario Alfa, Museum, observatorium astronomi dan IMAX Dome sistem, Monterrey, NL, Meksiko.
Ruang kontrol dari IMAX Dome Theatre |
Layar IMAX Gandaria City XXI |
0 komentar:
Posting Komentar